Cara Praktis Menangani Keluhan Pelanggan

MasPronto - Keluhan adalah hal yang tidak dapat dielakkan ketika kita berhadapan dengan pelanggan. Setiap pelanggan pasti punya harapan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, selling bisa dikatakan sebagai sebuah proses yang dapat menimbulkan miskomunikasi sehingga akhirnya pelanggan tidak memperoleh apa yang mereka harapkan. Ketika menangani keluhan pelanggan, ingatlah cara praktis berikut:

CARA 1 – HANDLE THE EMOTION
Cara pertama dalam menghadapi pelanggan adalah menangani emosi mereka. Tugas Anda adalah menenangkan pelanggan. Dengan berempati kepada pelanggan, Anda sudah menempatkan diri di dalam ”sepatunya” dan melihat situasi dari posisinya (pelanggan).

CARA 2 — SOLVE THE PROBLEM
Setelah mahir menenangkan pelanggan, tahap selanjutnya ialah memecahkan masalah pelanggan. Hal ini bisa saja menjadi bagian tersulit karena kebijaksanaan perusahaan mungkin tidak memperbolehkan Anda untuk memenuhi keinginan pelanggan. Dalam kasus ini, sangat dibutuhkan kesabaran, kemampuan negosiasi, dan persuasi yang tinggi. Semoga saja, setelah proses tawar-menawar, pelanggan Anda dapat menerima solusi yang Anda tawarkan. Bagaimanapun, ada hal yang harus Anda ingat dan sadari.

Jika akhirnya pelanggan menerima solusi yang Anda tawarkan, mungkin saja itu adalah hanya sebuah kompromi. Ini bukanlah sesuatu yang  benar-benar dia inginkan. Bisa saja pelanggan menerima tawaran Anda hanya untuk menghindari kekecewaan yang lebih jauh atau bahkan untuk menghemat waktu.

Dan jika solusi yang Anda berikan sesuai dengan yang diinginkan pelanggan, maka masalah itu sendiri sudah membuatnya tidak nyaman dan ia sudah punya pengalaman yang tidak menyenangkan dengan _ perusahaan Anda. Perasaan ini harus dikoreksi secepatnya supaya pelanggan Anda pergi dengan suasana hati yang senang tanpa rasa kompromi.

CARA 3 – CHEER UP THE CUSTOMER AGAIN!
Ingatlah Cara ke tiga, setiap kali Anda menyelesaikan masalah dengan pelanggan,jangan pernah membiarkan mereka pergi begitu saja. Selalu kejutkan mereka dengan hadiah-hadiah kecil (sangat cantik jika diikat dengan seutas pita). Mereka sangat menyukainya!

Kemudian, saya sarankan Anda untuk melakukan sesuatu yang akan membuat mereka loyal kepada Anda. Dua atau tiga hari setelah peristiwa “keluhan”, hubungi pelanggan untuk menanyakan apakah mereka mengalami masalah dengan produk yang sudah dibelinya.

Misal: “Apakah ada masalah pada tumit dari sepatu yang baru Anda beli? Tidak ada masalah?

Bagus! Baiklah, saya hanya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa kami akan menggelar diskon 50% minggu depan. Silakan datang dan beritahukan ini pada teman-teman Anda!”

Demikian Artikel tentang Cara Praktis Menangani Keluhan Pelanggan, Semoga bermanfaat dan semakin sukses buat anda. Terimakasih !

Artikel Terkait : Jangan Lakukan 7 Kebiasaan ini Pada Pelanggan
Sumber : KampungWirausaha
Cara Praktis Menangani Keluhan Pelanggan Cara Praktis Menangani Keluhan Pelanggan Reviewed by Riauwebsite.com on 14:57:00 Rating: 5

1 comment:

  1. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete